Materi akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, akuntansi pemerintahan, perbankkan dan Analisis ekonomi

Monday, January 29, 2018

apa sajakah Parameter yang Digunakan untuk Menentukan Apakah Suatu Perusahaan Cukup Likuid?

Parameter  Untuk Menentukan Apakah Suatu Perusahaan Cukup Likuid

Halo guys? Apa kabar malam ini semoga tetap dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai parameter  untuk menentukan apakah suatu perusahaan cukup likuid, untuk mengetahui apa saja parameter tersebut  kita langsung saja simak penjalasan dibawah.


Likuiditas
Likuiditas
Ada beberapa parameter yang dihitung dan di analaisis berdasarkan data informasi yang disajikan dalam laporan posisi keuangan  perusahaan untuk menentukan apakah perusahaan cukup likud yaitu:

1.    Aset Lancar (Current Assets)
adalah dana tunai atau uang kas yang merupakan  cash in bank yang bebas penggunaannya, aset lain yang dalam sentuhan atau siklus usaha normal akan terkonversi menjadi dana tunai, dan persediaan atau jasa yang tersedia untuk dimanfaatkan dalam siklus usaha normal.

2.    Aset Likuid (Likuid Asset)
adalah kas yang disimpan di bank serta dana tunai lainnya yang tidak disisihkan untuk tujuan tertentu (kecuali untuk pembayaran liabilitas jangka pendek) atau investasi yang setap saat dapat dicairkan.

3.    Modal Kerja (working Capital) atau Aset Lancar Neto (Net Current Assets)
     adalah total aset total lancar dikurangi total liabilitas jangka pendek.

4.    Rasio Lancar (Current Ratio)
adalah rasio untuk mengukur kemampuan entitas untuk melunasi liabilitas jangka pendek ketika jatuh tempo. Dihitung dengan membandingkan aset lancar dengan liabilitas jangka pendek. Penggunaan rasio ini harus mengacu pada rasio standar rata- rata pada masing- masing industri.

5.    Acid Test Ratio atau Quick Ratio
adalah rasio yang lebih tajam untuk mengukur kemampuan likuiditas suatu perusahaan, karena dalam perhitungan telah dikeluarkan faktor persediaan. Rasio ini dihitung dengan membandingkan total aset lancar setelah dikurangkan dengan jumlah liabilitas jangaka pendek.


Sekian yang kami dapat sampaikan mengenai beberapa parameter untuk menentukan likuid atau tidaknya suatu perusahaan. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan ucapan terimakasih telah mampir di blog kami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : apa sajakah Parameter yang Digunakan untuk Menentukan Apakah Suatu Perusahaan Cukup Likuid?

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Loading...
Loading...