Materi akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, akuntansi pemerintahan, perbankkan dan Analisis ekonomi

Tuesday, October 3, 2017

Siklus Akuntansi

Siklus Akuntansi - Mulai dari neraca awal, dilanjutkan dengan pembukuan atau pencatatan transaksi dan kejadian selama suatu periode sampai dengan penyusunan laporan keuangan akhir periode, dan kemudian mulai lagi Akuntansi sebagai sistem yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan yang relefan bagi berbagai pihak yang berkepentingan.

Akuntansi juga sebagai sistem informasi keuangan sebagaimana kelaziman suatu sistem ,mempunyai tujuan unsur-unsur yang terkelola menurut tata cara tertentu untuk mencapai tujuan tsb. Unsur-unsur tsb antara lain konsep, prinsip, standar, peristilahan teknis, dokumen, media, prosedur, dan proses terkoordinasi dan tertata secara tertib. Bagian ini akan menjelaskan pengetahuan dasar proses akuntansi yang di mulai dari dasar bukti pembukuan, proses pengolahan data sehingga menghasilkan laporan keuangan proses ini sering kali di sebut dengan SIKLUS AKUNTANSI (accounting cycle), yaitu suatu siklus proses yang berjalan dari suatu periode akuntansi ke periode akuntansi berikutnyadengan periode akuntansi berikutnya. Proses ini dapat dikerjakan secara manual atau dengan teknologi agar lebih cepat dan akurat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak bagan berikut.

Siklus Akuntansi
Berdasar gambar di atas dapat kita uraikan bahwa siklus akuntansi adalah sebagai berikut:
  1. Pencatatan Data ke dalam dokumen sumber/bukti transaksi.
  2. Penjurnalan, yaitu menganalisis dan mencatat transaksi dalam jurnal (buku harian)
  3. Melakukan posting ke Buku Besar yaitu memindahkan debet dan kredit dari jurnal ke akun Buku Besar.
  4. Penyusunan Neraca Saldo yaitu menyiapkan Neraca Saldo unttuk mengecek keseimbangan Buku Besar.
  5. Membuat ayat jurnal penyesuaian dan memasukkan jumlahya pada Neraca Saldo.
  6. Membuat ayat-ayat penutup yaitu menjurnal dan memindahbukukan ayat- ayat penutup.
  7. Penyusunan Laporan Keuangan yaitu Laporan Rugi Laba, Laporaan Perubahan Modal dan Neraca.

Terminologi Dasar Proses Akuntansi 
  1. Entitas (entity) adalah unit pelaporan, yang menyusun laporan akuntansi, yaitu suatu objek yang menjadi pusat laporan akuntansi. Entitan dapat merupakan suatu perusahan, anak perusahaan, cabang, unit kegiatan, proyek dll. 
  2. Transaksi (transaction) kejadian yang melibatkan dua atau lebih pihak yang mempunyai dampak ekonomi dan keuangan misal jual-beli, pinjam-meminjam, sewa-menyewa dll. 
  3. Kejadian (event) peristiwa yang terjadi dalam internal dan eksternal entitas yang mempunyai dampak ekonomi dan keuangan bagi entitas. Misal proses produksi dll 
  4. Akun (account) adalah wadah untuk mencatat dampak setiap transaksi dan kejadian atas rincian setiap unsur aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan beban. 
  5. Akun laba rugi keuangan/neraca(financial position/real account), akun-akun yang di laporkan dalam laporan posisi keuangan(neraca), yaitu (aset ,liabilitas, dan ekuitas). 
  6. Akun laba rugi kompherensif(chompherensive income account), akun yang di laporkan dalam laporan laba rugi khomperensif, yang meliputi akun laba rugi dan akun pendapatan kompherensif lain. 
  7. Akun laba rugi(income statement/nominal account), akun yg di laporkandalam laba rugi yaitu pendapatan dan beban. Termasuk keuntungan dan kerugian. 
  8. Akun pendapatan khomperensif lain(other chomperensif income account) akun yang dilaporkan yaitu kenaikan dan penurunan ekuitas yg tidak dilaporkan dalam laba rugi. 
  9. Ayat jurnal(journal entries),pembukuan paling dasar yang dilakukan atas suatu transaksi atu kejadian. 
  10. Ayat jurnal penyesuaian(adjusting entries),ayat jurnal yangdilakukan ketika penutupan buku untuk memuktahirkan data atau pembukuan agar laporan keuangan dapat tersusun lebih akurat dengan keadaan untuk periode dan tanggal pelaporan. 
  11. Ayat jurnal koreksi (corecting entries), ayat jurnal yang dilakukan untuk memperbaiki suatu kesalahan pembukuan yang telah di lakukan. 
  12. Ayat jurnal penutup (closing entries), ayat jurnal dilakukan untuk menutup semua akun labarugi dalam proses perhitungan laba rugi selama periode tertentu. 
  13. Ayat jurnal balik(reversing entries), ayat jurnal yang dilakukan untuk mengembalikan ayat jurnal penyesuaian yg telah dilakukan ketika penutupan buku. 
  14. Jurnal(journal), sering disebut buku harian, wadah dimana setiap kejadian atau transaksi pertama-tama dibukukan. 
  15. Posting, pemindahan data pembukuan dari jurnal kebuku besar/buku tambahan. 
  16. besar (ledger/general ledger), kumpulan akun aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan beban khomperensif lain. 
  17. Buku tambahan ,media berbentuk buku dan lain-lain untuk memperinci suatu akun tertentu dari buku besar. 
  18. Neraca percobaan, sebagai lajur keseimbangan. Neraca percobaan setelah disesuaikan, neraca percobaan yang disusun kembali setelah di masukan ayat jurnal penyesuaian. 
  19. Neraca percobaan setelah ayat jurnal penutup, percobaan yang di susun setelah dilakukan ayat jurnal penutup. 
  20. Laporan keuangan, laporan utama yang dihasilkan dari proses akuntansi tadi. 
Siklus Akuntansi (Accounting Cycle) 
Siklus Akuntansi adalah suatu lingkaran proses akuntansi untuk membukukan transaksi dan kejadian selama suatu periode akutansi tertentu sampai tersusun laporan keuangan. Dengan diawali dari mengidentifikasi transaksi dan kejadian yang harus dibukukan dan/atau diperhitungkan dalam berbagai media akuntansi sampai akhirnya tersusun laporan keuangan untuk suatu periode tertentu dan kemudian dilanjutkan proses akuntansi untuk periode berikutnya. 


Siklus Akuntansi (Accounting Cycle)
Siklus Akuntansi (Accounting Cycle) 
Gambar dibawah ini menjelaskan tentang prinsip dasar siklus akuntansi. Keseluruhan proses ini menjadi dasar bagi para pemrogram (programmer) dalam mendesain suatu perangkat lunak akuntansi. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing komponen siklus. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Siklus Akuntansi

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Loading...
Loading...