Materi akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, akuntansi pemerintahan, perbankkan dan Analisis ekonomi

Monday, October 9, 2017

Pengertian, Dampak, Kelebihan dan Kelemahan Sentralisasi

Pengertian, Dampak, Kelebihan dan Kelemahan Sentralisasi - Sentralisasi merupakan salah satu fungsi dalam manajemen suatu organisasi. Dan berfungsi untuk memusatkan seluruh wewenang sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Dan sentralisasi memiliki kelebihan seperti Lebih mudah untuk menerapkan kebijakan umum dan praktek untuk bisnis secara keseluruhan, mencegah bagian lain dari bisnis menjadi terlalu mandiri, Lebih mudah untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan dari pusat, Lebih cepat pengambilan keputusan lebih mudah untuk menunjukkan kepemimpinan yang kuat. Pada Kesempatan kali ini kami akan membahas tentang;
  1. Apa Pengertian Sentralisasi
  2. Apa Kelebihan Sentralisasi
  3. Apa Kelemahan Sentralisasi
  4. Apa Dampak Positif dan Negatif Sentralisasi
Pengertian, Dampak, Kelebihan dan Kelemahan Sentralisasi
Pengertian, Dampak, Kelebihan dan Kelemahan Sentralisasi

1. Pengertian Sentralisasi
Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Sentralisasi banyak digunakan pada pemerintahan lama di Indonesia sebelum adanya otonomi daerah. 

Dewasa ini, urusan- urusan yang bersifat sentral adalah :
a. Luar Negeri
b. Peradilan
c. Hankam
d. Moneter dalam arti mencetak uang, maupun menentukan nilai uang
e. Pemerintahan Umum

Kelemahan dari sistem sentralisasi adalah di mana seluruh keputusan dan kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama. Kelebihan sistem ini adalah di mana pemerintah pusat tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat.

2. Kelebihan Sentralisasi :
  1. Lebih mudah untuk menerapkan kebijakan umum dan praktek untuk bisnis secara keseluruhan.
  2. Mencegah bagian lain dari bisnis menjadi terlalu mandiri.
  3. Lebih mudah untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan dari pusat.
  4. Lebih cepat pengambilan keputusan lebih mudah untuk menunjukkan kepemimpinan yang kuat.

3. Kelemahan Sentralisasi
  • Manajer lokal cenderung jauh lebih dekat dengan kebutuhan pelanggan.
  • Kurangnya otoritas turun hirarki mungkin mengurangi motivasi manajer.
  • Layanan pelanggan tidak mendapat manfaat dari fleksibilitas dan kecepatan dalam pengambilan keputusan local.
4. Dampak Positif dan Negatif Sentralisasi

a. Segi Ekonomi
efek positif yang di berikan oleh sistem sentralisasi ini adalah perekonomian lebih terarah dan teratur karena pada sistem ini hanya pusat saja yang mengatur perekonomian. 

Sedangkan dampak negatifnya adalah daerah seolah-olah hanya di jadikan sapi perahan saja dan tidak dibiarkan mengatur kebijakan perekonomiannya masing- masing sehingga terjadi pemusatan keuangan pada Pemerintah Pusat.

b. Segi Sosial Budaya
perbadaan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia dapat di persatukan. Sehingga setiap daerah tidak saling menonjolkan kebudayaan masing-masing dan lebih menguatkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang di miliki bangsa Indonesia.

Sedangkan dampak negatif yang di timbulkan sistem ini adalah pemerintah pusat begitu dominan dalam menggerakkan seluruh aktivitas negara. Dominasi pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah telah menghilangkan eksistensi daerah sebagai tatanan pemerintahan lokal yang memiliki keunikan dinamika sosial budaya tersendiri, keadaan ini dalam jangka waktu yang panjang mengakibatkan ketergantungan kepada pemerintah pusat yang pada akhirnya mematikan kreasi dan inisiatif lokal untuk membangun lokalitasnya.

c. Segi Keamanan dan Politik
Dampak positif yang dirasakan di bidang politik sebagai hasil penerapan sistem sentralisasi adalah pemerintah daerah tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat. Sehingga keputusan yang dihasilkan dapat terlaksana secara maksimal karena pemerintah daerah hanya menerima saja.

Sedangkan dampak negatifnya adalah terjadinya kemandulan dalam diri daerah karena hanya terus bergantung pada keputusan yang di berikan oleh pusat. Selain itu, waktu yang dihabiskan untuk menghasilkan suatu keputusan atau kebijakan memakan waktu yang lama dan menyebabkan realisasi dari keputusan tersebut terhambat.

Demikianlah materi tentang Pengertian, Dampak, Kelebihan dan Kelemahan Sentralisasi yang sempat kami bawakan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi tentang Pengertian, Dampak, Kelebihan dan Kelemahan Desentralisasi yang telah kami posting sebelumnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Dampak, Kelebihan dan Kelemahan Sentralisasi

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Loading...
Loading...