Materi akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, akuntansi pemerintahan, perbankkan dan Analisis ekonomi

Friday, September 15, 2017

Macam-Macam Pasar Modal

Macam-Macam Pasar Modal - Penjualan saham kepada masyarakat dapat dilakukan dengan beberapa cara. Umumnya penjualan dilakukan sesuai dengan jenis ataupun bentuk pasar modal dimana sekuritas tersebut diperjual-belikan. Jenis-jenis pasar modal tersebut ada beberapa macam, yaitu:
1. Pasar Perdana (Primary Market)
Pasar perdana adalah penawaran saham dari perusahaan yang menerbitkan saham (emiten) kepada investor selama waktu yang ditetapkan oleh pihak yang menerbitkan sebelum saham tersebut diperdagangkan di pasar sekunder. Pengertian tersebut menunjukan, bahwa pasar perdana merupakan pasar modal yang memperdagangkan saham-saham atau sekuritas lainnya yang dijual untuk pertama kalinya (penawaran umum) sebelum saham tersebut dicatatkan dibursa. Harga saham dipasar perdana ditentukan oleh penjamin emisi dan perusahaan yang akan go publik (emiten) berdasarkan analisis fundamental perusahaan yang bersangkutan. Peranan penjamin emisi pada pasar perdana selain menentukan harga saham, juga melaksanakan penjualan saham karena masyarakat sebagai calon investor. Dari uraian di atas menegaskan bahwa pada pasar perdata, saham yang bersangkutan untuk pertama kalinya diterbitkan emiten dan dari hasil penjualan saham tersebut keseluruhannya masuk sebagai modal perusahaan.

Macam-Macam Pasar Modal
Macam-Macam Pasar Modal 

2. Pasar Sekunder (Secondary market)
Pasar sekunder didefinisikan sebagai perdagangan saham setelah melewati masa penawaran pada pasar perdana. Jadi, pasar sekunder merupakan pasar dimana saham dan sekuritas lain diperjual-belikan secara luas. Setelah melalui masa penjualan di pasar perdana. Harga pasar di pasar sekunder ditentukan oleh permintaan dan penawaran antara pembeli dan penjual. Besarnya permintaan dan penawaran ini dipengaruhi oleh dua factor yaitu, pertama faktor internal perusahaan. Merupakan faktor yang berhubungan dengan kebijakan internal pada suatu perusahaan beserta kinerja yang telah dicapai. Hal ini berkaitan dengan hal-hal yang seharusnya dapat dikendalikan oleh manajemen.

3. Pasar ketiga (third market)
Pasar ketiga adalah tempat perdagangan saham atau sekuritas lain diluar bursa (over the counter market). Di Indonesia dinamakan bursa paralel. Pasar ke tiga ini tidak memiliki pusat lokasi perdagangan yang dinamakan lantai bursa (floor trading). Menurut Pakdes 1989 bursa paralel merupakan suatu sistem perdagangan efek yang terorganisir diluar bursa efek resmi, dalam bentuk pasar sekunder yang diatur dan dilaksanakan oleh Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek dengan diawasi dan dibina oleh Badan pengawas Pasar Modal. Informasi yang diberikan dalam pasar ini adalah : harga saham, jumlah transaksi. Pada sistem perdagangan ini, pialang dapat bertindak dalam kedudukan sebagai pedagang efek maupun perantara pedagang.

4. Pasar keempat (fourth market)
Pasar ini merupakan pasar perdagangan efek antar investor atau dengan kata lain pengalihan saham dari satu pemegang saham ke pemegang saham lainnya tanpa melalui perantara pedagang efek. Bentuk transaksi dalam perdangan semacam ini biasanya dilakukan dalam jumlah besar (block sale). 

Pasar Modal Ditinjau dari Proses Transaksi
Pasar ini menekankan pada tempat kejadian transaksi. Ditinjau dari proses penyelenggaraan transaksi , pasar modal terdiri dari empat kategori pasar yaitu: spot, future/forward dan pasar opsi.

Masing-masing kategori pasar modal dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Pasar Spot merupakan bentuk pasar keuangan yang memperdagangkan sekuritas atau jasa keuangan untuk diserah-terimakan secara spontan. Hal ini berarti jika seseorang membeli suatu jasa-jasa finansial, maka pada saat itu juga akan menerima jasa yang dibeli tersebut, walaupun serah terima sekuritas/jasa keuangan tersebut tidak dapat dilakukan segera. 

2. Pasar Future/Forward merupakan pasar keuangan dimana sekuritas/jasa keuangan akan diselesaikan pada kemudian hari berdasarkan ketentuan. Proses transaksi memuat kesepakatan waktu terjadinya transaksi dan saat penyerahan harus dilakukan. Perpindahan kekayaan memerlukan waktu, meskipun harga transaksi ditentukan hari ini, sedangkan penyerahan barang akan dilakukan dikemudian hari.

3. Pasar Opsi merupakan pasar keuangan yang memperdagangkan hak untuk menentukan pilihan terhadap saham atau obligasi. Pilihan tersebut adalah persetujuan atau kontrak hak pemegang saham untuk membeli atau menjual dalam waktu tertentu. Kontark ini terjadi antara entitas yang melakukan kontrak terhadap opsi yang diperjualbelikan. Hak opsi harus ditegaskan dalam kontrak, bahwa kesempatan hanya digunakan dalam periode tertentu. Kontrak batal demi hukum bila, tidak dimanfaatkan dalam periode kontrak.

Demikianlah materi tentang Macam-Macam Pasar Modal yang sempat kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Kelompok Bank Syariah yang telah kami posting sebelumnya. semoga materi yang kami berikan dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar…!!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-Macam Pasar Modal

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Loading...
Loading...