Materi akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, akuntansi pemerintahan, perbankkan dan Analisis ekonomi

Friday, September 15, 2017

Macam-Macam Pasar Keuangan

Macam-Macam Pasar Keuangan - Pasar keuangan merupakan titik temu antara penawaran dan permintaan aktiva keuangan (financial asset). Hal tersebut bukan berarti bahwa untuk memperdagangkan aktiva keuangan membutuhkan atau harus tersedia pasar keuangan. Misalkan seorang ingin menukarkan mata uang $ Amerika dengan mata uang Rupiah, maka orang ini tidak harus pergi menukarkan uangnya ke pasar modal. Melainkan cukup menukarkan kepada seseorang yang memiliki mata uang rupiah dan bersedia serta berkeinginan untuk terjadinya penukaran uang tersebut.
Pasar keuangan ini agar dapat berjalan lancar, maka pasar keuangan merupakan pasar terorganisasi. 

Pasar keuangan dapat diklasifikasi menurut dua cara :
1. Berdasarkan tipe kewajiban, seperti pasar utang (debt market), dan pasar surat berharga (equity market).

2. Berdasarkan klasifikasi periode waktu jatuh tempo. Sebagai contoh pasar terhadap utang jangka pendek (short term debts) yang disebut pasar uang (money market) dan pasar dana untuk jangka panjang (longer maturity financial assets) yang disebut pasar modal.

Macam-Macam Pasar Keuangan
Macam-Macam Pasar Keuangan
Selanjutnya pasar uang dan pasar modal dijelaskan sebagai berikut :

1. Pasar Uang (money market)
Pasar uang adalah titik pertemuan antara permintaan dana jangka pendek dengan penawaran dana jangka pendek. Pengertian jangka pendek secara konvensinal ditafsirkan dalam kurun waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun. Perwujudan dari pasar semacam ini berupa instusi dimana individu atau organisasi yang mempunyai kelebihan dana jangka pendek bertemu dengan individu yang memerlukan dana (debitur) jangka pendek. Oleh karena itu pasar uang memungkinkan kedua belah pihak tersebut bertemu, yang pada dewasa ini merupakan suatu sistem yang operasinya relatif lebih canggih. Perusahaan atau organisasi yang membutuhkan dana bisa menerima dana untuk operasi jangka pendek. Ditinjau dari segi lain, masyarakat yang mempunyai dana untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Sebagai contoh, masyarakat yang tidak memiliki dana dapat meminjam dana jangka pendek dalam pasar uang biasanya adalah bank komersial dan instusi non keuangan yang mempunyai kelebihan dana, untuk saham dari pasar modal.

2. Pasar Modal (Capital Market)
Pasar modal dirancang untuk investasi jangka panjang. Pengguna pasar modal ini adalah individu-individu, pemerintahan, maupun organisasi laba dan non laba. Nilai nominal investasi pasar modal bisa sama dengan pasar uang atau bisa lebih rendah atau lebih rendah atau lebih tinggi. Yang membedakan antara kedua pasar tersebut bukanlah nilai nominal investasinya, tetapi jangka waktu penanaman investasi. Misalnya, jangka waktu pemegang saham tidak terbatas, tetapi deposito biasanya mempunyai jangka waktu terbatas yaitu kurang dari satu tahun. Penawaran dan permintaan di pasar modal sangat bervariasi dibandingkan pada pasar uang. Dari sisi lain, penawaran pada saat ini bisa menjadi permintaan besok. Akan tetapi, pemain yang memegang peranan penting adalah perusahaan-perusahaan dengan berbagai ukuran yang menggunakan dana jangka panjang. Perusahaan-perusahaan tersebut termasuk perusahaan manufaktur, perbankan, asuransi, dan lain-lain.

Demikianlah materi tentang Macam-Macam Pasar Keuangan yang sempat kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Pasar Modal yang telah kami posting sebelumnya. semoga materi yang kami berikan dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar…!!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-Macam Pasar Keuangan

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Loading...
Loading...