Materi akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, akuntansi pemerintahan, perbankkan dan Analisis ekonomi

Sunday, August 27, 2017

Karakteristik Akuntansi Manajemen

Karakteristik Akuntansi Manajemen - Akuntansi dapat dipandang sebagai suatu sistem yang mengolah masukan berupa data operasi dan data keuangan untuk menghasilkan keluaran berupa informasi akuntansi yang di butuhkan oleh pemakai.

 Akuntansi manajemen dapat dipandang dari dua arti dengan tipe:
  1. Tipe Akuntansi: pada tipe ini akuntansi manajemen merupakan  suatu sistem pengolahan informasi keuangan yang digunakan untuk menghasilakn informasi keuangan bagi kepentingan pemakai intern organisasi. Dan dalam tipe ini terkandung pula 2 arti yakni:
    1. Akuntansi keuangan
    2. Akuntansi Manajemen
  2. Tipe Informasi:  pada tipe ini akuntansi manajemen merupakan tipe informasi kuantitatif yang menggunakan uang sebagai satuan ukuran, yang digunakan untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan pengelolaan perusahaan. 
Gambaran arti dan tipe akuntansi sebagai berikut :

Tipe & Arti Akuntansi
Tipe & Arti Akuntansi
Akuntansi Manajemen merupakan salah satu cabang ilmu akuntansi yang menghasilkan informasi untuk manajemen atau pihak intern perusahaan .

Manajemen dan Informasi
Setiap organisasi baik kecil maupun besar memiliki seorang manajer yaitu orang yang bertanggung jawab untuk melaksanakan aktifitas penyusunan rencana (planning), pengorganisasian sumber-sumber daya (organizing), pengarahan karyawan (directing), pengendalian kegiatan perusahaan( controlling) untuk:
  1. Planning : Rencana manajemen biasanya di eksprsikan dalam sebuah bentuk formal yang disebut dengan anggaran (budgets)
  2. Directing  : Pengarahan merupakan bagian pekerja rutin seorang manajer, untuk membantu melakukan aktifitas pembuatan keputusan sehari-hari  diperlukan informasi akuntansi manajemen seperti Laporan penjualan harian 
  3. Controlling : Pengawasan yang merupakan umpan balik yang menberi sinyal apakah kegiatan dilaksanakan dengan baik merupakan kunci untuk melaksanakan pengendalian yang efektif.
Salah satu laporan yang  memberikan informasi perbandingan antara anggaran dengan realisasinya disebut laporan kinerja (performance report) yang memberikan informasi tentang perbedaan (varience) antara anggaran dengan realisasinya.

Perbandingan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Faktor Pembeda
Akuntansi Manajemen
Akuntansi Keuangan
Pengguna informasi
Internal
Eksternal
Aturan yang mengikat
Tidak ada
Standar akuntansi ke-uangan
Orientasi waktu
Masa depan
Masa lalu
Obyek Evaluasi
Segmen/Unit organisasi
Perusahaan secara eksternal
Informasi yang dihasilkan
Informasi relevan
Informasi perusahaan menyeluruh
Penekanan informasi
Obyektivitas dan daya andal
Informasi perusahaan menyeluruh
Kewajiban pelaporan kepada pihak eksternal
Tidak wajib
Wajib

Perubahan Lingkungan Bisnis
Kompetisi antar industri meluas mencakup lingkup dunia, dan inovasi produk serta jasa meningkat pesat, yang meningkatkan juga persaingan, konsumen dapat memperoleh harga yang lebih murah, kualitas lebih baik, dan pilihan lebih beragam, yang menuntut perubahan sikap dalam mengelola dan menjalankan bisnis dan perubahan ini terus berlangsung.

Secara garis besar pratek akuntansi manajemen dikelompokkkan menjadi 5 kelompok sebagai berikut:
1.      Just In Time : merupakan suatu sistem produksi dimana pembelian bahan baku dan pembuatan produk hanya dilakukan untuk memenuhi permintaan pelanggan, dengan demikian jika tidak ada permintaan pelanggan, perusahaan tidak akan membuat prodk dan menyimpannya di gudang, persediaan ditekan seminimal mungkin dan jika mungkin = nol
2.      Total Quality Manajemen merupakan suatu perbaikan yang terus menerus dengan karakteristik (a). Memfokuskan pada pelayanan pelanggan, (b) adanya tim yang memecahkan persoalan secara sistematis. Benchmarking yaitu mencakup studi untuk menemukan unit organisasi yang paling baik dalam melaksanakan tugas tertentu. Siklus Plan-do-check-act (PDCA) atau yang sering disebut The Deming Wheel merupakan pendekatan secara sistematik dan mendasar pada fakta untuk melakukan perbaikan berkelanjutan.
3.      Process of Reengineering merupakan pemetaan ulang proses bisnis secara rinci, dikaji lagi, dirancang ulang dalam rangka menghilangkan proses yang tidak perlu, mengurangi peluang terjadinya kesalahan dan mengurangi biaya. Proses bisnis sendiri merupakan serangkaian tahab yang harus diikuti untuk melaksanakan tugas/pekerjaan dalam perusahaan.
4.      Automation : biasanya melibatkan mesin  pengendali numerik, yang fungsinya dikendalikan oleh sebuah komputer yang telah diprogram untuk membimbing peralatan dalam melaksanakan tugas tertentu.
5.      Theory of Constraints : adalah segala sesuatu yang mencegah seseorang untuk memperoleh apa yang diinginkan dalam kendala, maka teori kendala memberikan solusi bahwa mengelola kendala tersebut secara efektif merupakan kunci untuk mencapai keberhasilan.

Persamaan antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen:

  1. Prinsip akuntansi yang lazim yang diterima baik dalam akuntansi keuangan merupakan prinsip pengukuran yang relevan dalam akuntansi manajemen.
  2. Penggunaan informasi operasi yang sama sebagai bahan baku untuk menghasilkan informasi yang disajikan kepada pemakainya.

Perkembangan Peran Akuntansi Manajemen sebagai Suatu Tipe Akuntansi
Peran akuntansi manajemen sebagai sistem pengolah informasi keuangan dalam perusahaan dibagi menjadi tiga tingkat perkembangan:
a.      Pencatat Skor
Pencatatan skor bagi akuntansi manajemen adalah untuk mencatat dan mengkomunikasikan skor kepada manjer yang bersangkutan untuk manajemen mengevaluasi pelaksanaan rencana yang telah disusun, mengingat dasar dalam manajemen itu sendiri dalam merencanakan, menggerakkan,mengendalikan dan pengawasan dari rencana dan menyajikan informasi umpan balik kepada manajemen mengenai pelaksanaan rencana aktifitas yang disusun. Untuk memenuhi fungsi pencatat skor harus memenuhi syarat
 Teliti
 Relevan
 Andal (reliable)
Ketelitian pencatatan skor setiap manajer merupakan syarat mutlak karena informasi yang disajikan kepada manajemen akan di gunakan untuk mengevaluasi kinerja mereka
Setiap orang yang diukur kinerjanya akan peduli terhadap unsur yang digunakan untuk mengukur kinerjanya. Dapat dibayangkan apa yang akan terjadi seandainya biaya yang seharusnya menjadi beban departemen lain, oleh Bagian Akuntansi keliru dibebankan kepada departemen tertentu, padahal setiap manajer departemen akan dinilai oleh atasannya dari efisiensi biaya yang dicapai oleh setiap departemen.
b.      Penarik Perhatian
Akuntansi menyajikan informasi penyimpangan pelaksanaan rencana yang memerlukan perhatian manajemen, agar manajemen dapat merumuskan tindakan untuk mencegah berlanjutnya penyimpangan yang terjadi sesuai skor yang dicatat.
c.       Penyedia Informasi untuk Pemecahan masalah
Dengan dua tahapan tersebut diatas maka akuntansi manajemen maka akan dapat dijadikan pengambilan keputusan pemecahan masalah yang ada

1.      Akuntansi Manajemen sebagai Suatu Tipe Informasi
a)      Sebagai informasi Kuantitatif karena lebih berperan mengurangi ketidakpastian bila dibandingkan dengan informasi non kuantitatif (kualitatif)  
b)      Informasi Akuntansi terdapat istilah acconting is a business language sudah dikenal bahwa akuntansi merupakan bahasa bisnis, akuntansi merupakan alat untuk berfikir manajer dalam bisnis dan untuk mengkomunikasikan pikiran bisnis manajer kepada bawahan dan atasannya, kepada manajer lain dan kepada pihak luar, berpikir bisnis berarti berpikir secara ekonomis rasional.

Informasi akuntansi dikelompokkan menjadi 2 golongan ;
1.      Informasi Operasi: untuk menghasilkan informasi biaya bahan baku, jumlah jam kerja karyawan dan sebagainya.
2.      Informasi Akuntansi Keuangan: diperlukan oleh pihak luar untuk pengambilan keputusan menentukan hubungan antara pihak luar dengan perusahaan

Manfaat Informasi Akuntansi Manajemen
ü    Informasi Akuntansi Penuh: mencakup informasi aktiva, pendapatan dan/atau biaya  dan selalu dihubungkan dengan obyek informasi yang dapat berupa satuan usaha, produk, departemen atau aktifitas
ü    Informasi Akuntansi Diferensial, merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan dan/atau biaya dalam alternatif tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif tindakan yang lain.
ü    Informasi Akuntansi pertanggungjawaban, merupakan informasi aktiva, pendapatan dan/atau biaya yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggung jawab atas pusat pertanggung jawaban tertentu.


Mengapa Akuntansi Manajemen Penting?
Lingkungan Ekonomi yang berubah dari waktu kewaktu di sebagian perusahaan mengharuskan perusahaan melakukan inovasi praktek akuntansi manajemen yang relevan. Persaingan yang ada menghadapkan kenyataan pada perubahan-perubahan seperti:
a)      Orientasi pelanggan.
b)      Cross Functional Perspektive
c)      Persaingan Global
d)     Total Quality Manajemen
e)      Waktu dan Sumber Daya Manusia sebagai Elemen Persaingan
f)       Kemajuan Tehnologi Informasi
g)      Pertumbuhan dan Deregulasi Industri Jasa

h)      Activity Based Management 

Demikianlah materi seputar Karakteristik Akuntansi Manajemen dan jangan lupa juga untuk menyimak materi tentang Pengertian, Fungsi dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Karakteristik Akuntansi Manajemen

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Loading...
Loading...